EMUDELAS Lestarikan Budaya Bahasa Suroboyoan

img_24001


BERITANUSA – Salah Satu kota di Provinsi Jawa Timur merupakan penghasil seniman budaya. Namun, banyak Seniman Kota Pahlawan memilih eksis dan berdomisili di Ibukota Jakarta. Seiring, sudah banyak Seniman daerah hijrah ke kota Betawi, beberapa budaya asli Suroboyoan seakan “jalan di tempat”.

Beruntung di tengah rasa galau, muncul bibit generasi penerus budaya Jawa khususnya Kota Surabaya, yakni Ludruk. Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 18 Surabaya yang notebene Sekolah baru berhasil mengembangkan talenta dan bakat Siswa-siswi di bidang Kebudayaan. Sebanyak 4 Murid Sekolah berbranding mencetak entreprenur muda membentuk kelompok bernama Emudelas.

Eschool Muhammadiyah Delapan Belas adalah kelompok ludruk jawa dengan menggunakan bahasa Suroboyoan saat Parikan. Dalam penampilan di Kapas Krampung Plasa, ke empat personil yaitu Ayu Wulan Pratiwi (kelas VII), Shandy Hermawan (kelas VII), Aldi (kelas IX), dan Hikam (kelas VII) sangat atraktif. Mereka sangat kuat di parikan Jawa  yang dikemas dengan bernyanyi. Ketika diatas panggung, dua personil sedang “bermain ” parikan, satu personil pantonim yang melengkapi ludruk modern.

Wakasek Kesiswaan Eschool, Ari Sutikto menyatakan Emudelas sebagai upaya untuk melestarikan bahasa Suroboyoan. “Selain Budaya Ludruk, Bahasa Suroboyoan yang penting. Dengan menggunakan bahasa Suroboyoan bisa menjadi identitas Kita,” tutur Pria yang akrab disapa Ustad Ari.

Selama bulan Suci Ramadhan 1433 H, Emudelas ‘ketiban’ sampur. Meski tergolong baru, Emudelas bisa eksis dalam mengeksplore kemampuan. Terbukti, dalam satu hari Emudelas mendapat undangan show yang mayoritas berlangsung di berbagai Mall maupun Plasa di Kota Surabaya. (Rhino G)

Sumber : http://beritanusa.com/index.php?option=com_content&view=article&id=5355&catid=31&Itemid=46

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s